Cara Mengatasi Disk Usage 100% di Windows 10

Diposting pada
5/5 - (10 votes)

Cara Mengatasi Disk Usage 100% di Windows 10

Jagoweb.Id – Cara Mengatasi Disk Usage 100 % di Windows 10 ini bisa dilakukan dengan beberapa cara, disk usage ini memang kerap terjadi di windows. hal ini tentu menggangu sekali disaat kalian beraktivitas dengan pc atau laptop kalian.

Nah untuk itu dikesempatan ini akan diuraikan gimana caranya mengatasi disk usage di windows ini. penjelasannya sebagai berikut :


Apa Penyebab Disk Usage 100% di Windows 10?

Sebelum memperbaiki masalah Disk Usage ini, tentu kalian harus ketahui dulu apa sih penyebab disk usage 100% di sistem operasi ini. Dibawah ini daftar penyebabnya:

  1. Virus
  2. Kerusakan hardware
  3. Untuk beberapa kasus, karena adanya bug sistem
  4. Aplikasi yang berjalan terlalu banyak
  5. Terdapat fitur yang terlalu berat berjalan di perangkat

Baca Juga Artikel Menarik : Cara Mengurangi Kecerahan Pada Komputer dan Laptop


Cara Mengatasi Disk Usage 100% di Windows 10

Untuk mengatasi disk usage 100% ini maka kalian bisa melakukan beberapa langkah dibawah ini :

1. Scan dengan Windows Defender

Virus ini menjadi salah satu penyebab utama dari munculnya notifikasi disk usage 100%. Hal yang wajib diingat ialah virus ini berjalan di latar belakang sistem, sehingga tidak diketahui penggunanya.

Hal tersebut menyebabkan laptop/PC yang dipakai dipaksa bekerja lebih keras dibanding yang normal atau seharusnya. Bahkan pas kalian baru menyalakan pc atau laptop notifkasinya muncul.

Oleh karena itu, sebaiknya yang bisa kalian lakukan ialah scan terhadap virus dengan menggunakan aplikasi Windows Defender berikut caranya :

1. Tekan ikon Windows/start di desktop. Lalu ketikkan Virus & Threat Protection di kolom pencarian.

Virus & Threat Protection


2. Klik opsi Scan Now untuk mendeteksi adanya virus di perangkat yang digunakan.memperbaiki notifikasi disk usage 100%

quick-scan

Selesai, nah ini merupakan tahap pertama yang bisa kalian lakukan. dan tahapan selanjutnya adalah


2. Disable Aplikasi Startup yang Tidak Perlu

Sistem perangkat ini akan mendeteksi aplikasi-aplikasi yang berjalan dipertama kali startup. Kendala disk usage yang penuh ini sering sekali muncul disebabkan karna harddisk yang lemot sehingga membuat laptop hang serta lag.

Sementara dari itu, aplikasi yang dijalankan pun juga sudah terlalu banyak. Untuk mengatasi disk usage 100% di windows 10, Kalian dapat melakukan optimasi startup dengan langkah-langkah berikut:

1. Klik start atau tekan tombol windows, kemudian ketik Task Manager.

Task Manager


2. Setelah terbuka, masuk ke tab Startup, Maka akan muncul segala macam aplikasi yang berjalan.

Startup

3. Klik Disable pada aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan dan ditahap ini Selesai.


3. Menonaktifkan Windows Update

Pada dasarnya, pengguna Windows 10 tersebut akan selalu mendapati Windows Update yang selalu menyala. Tetapi, keadaan default tersebut dapat atau bisa diubah dengan cara mematikan Windows Update tersebut.

1. Tekan start atau tekan tokon Windows seteleh itu ketik Windows Update.

windows update


2. Selanjutnya, klik program Windows Update Settings. Kemudian klik opsi Advance Option.

advanced option

3. Matikan Windows Update dengan cara menggeser ke kiri opsi “Give me updates for other Microsoft products when I update Windows”.

advanced option1

4. Selesai.


Catatan: Jika masalah disk usage ini bukan karena Windows Update, sebaiknya fitur diatas itu tetap dinyalakan saja. Hal ini dilakukan supaya pengguna juga selalu mendapat update terbaru dari Microsoft sehingga akan mendapatkan layanan yang maksimal. Nah untuk hal tertentu atau keperluan tertentu kalian juga bisa baca tentang : Cara Mematikan Update Windows 10 Permanen


4. Mematikan Fitur Windows Search

Pada dasarnya, fitur tersebut berguna di dalam menemukan file-file yang tersimpan di perangkat dengan lebih cepat. Tetapi, terkadang fitur tersebut jarang sekali dipakai oleh sebagian pengguna.

Oleh sebab itu, Kalian dapat mencoba di dalam mematikan fitur tersebut sebagai solusi masalah disk usage yang selalu 100% sehingga membuat PC atau laptop itu menjadi lemot.

Dibawah ini cara mengatasi disk usage 100% di windows 10:

Klik ikon Windows lalu buka menu Run atau tekan tombol windows+R.

 


Setelah menu Run terbuka, ketikkan “services.msc” tanpa tanda petik dikolom yang disediakan.

services.msc


Cari dan temukan fitur Windows Search lalu klik kanan dan pilih Properties.

windows search


Klik Disabled pada opsi Startup Type. Klik Apply lalu OK. Selesai.

disable


5. Mematikan Fitur SuperFecth Service

Bagi kalian yang belum tahu tentang SuperFetch Service, fitur tersebut memiliki fungsi di dalam mengurangi waktu yang dibutuhkan diproses boot Windows. Jadi, tiap-tiap program yang berjalan dapat lebih efisien serta tidak memakan waktu.

Tetapi, program tersebut kerap kali menjadi kendala munculnya notifikasi disk usage 100%. Oleh karena itu, Kalian dapat mematikan fitur tersebut untuk mengatasi disk usage 100% di windows 10 dengan langkah-langkah berikut:

1. Klik ikon Windows atau start kemudian ketik CMD. Selanjutnya, klik kanan Command Prompt lalu Run as Administrator.

cmd


2. Setelah CMD terbuka, ketikkan “net.exe stop superfetch”.

net.exe stop superfetch


3. Tunggu sampai fitur ini berhasil dimatikan.

4. Restart komputer.


6. Mengganti Pengaturan Explorer.exe

Secara default, Windows Explorer ini memang sudah disetel sesuai dengan kebutuhan para penggunanya. Tetapi, Kalian dapat mengganti pengaturan yang ada disebabkan karna kerap kali menyebabkan disk usage 100%.

Berikut cara memperbaiki disk usage 100 di windows 10:

Mengganti Pengaturan Explorer.exe

  1. Buka Windows Explorer lalu klik This PC.
  2. Selanjutnya, klik tab View lalu pilih Options. Kemudian pilih tab Search.
  3. Nonaktifkan pilihan “Include Compressed Files (ZIP, CAB,…)” dan “Always Search File Names and Contents (This Might Take Several Minutes”.
  4. Langkah terakhir, restart komputer.
    Selesai.

7. Memeriksa Harddisk

Cara mengatasi disk usage 100% di Windows 10 selanjutnya ialah dengan cara mengecek harddisk yang kalian pakai. Salah satu kondisi harddisk yang paling sering menyebabkan masalah ialah karena ada bad sector.

Artinya, harddisk yang kalian pakai itu performanya sudah menurun secara berangsur-angsur, bahkan bisa sampai 80%. Tidak heran apabila kinerja OS Windows yang dipakai akan semakin lelet, terlebih apabila menjalankan banyak aplikasi sekaligus.

Pengecekan harddisk yang mengalami bad sector tersebut dapat dilakukan dengan aplikasi Harddisk Sentinel atau HDTune. Apabila mendapati harddisk yang telah bad sector, mau tidak mau pengguna itu perlu menggantinya.


8. Downgrade OS Windows 10

Cara ini dilakukan apabila kalian sudah melakukan cara di atas, tetapi kendala disk usage 100% itu masih belum hilang. Nah, pengguna dapat mempertimbangkan opsi downgrade sistem operasi yang kalian pakai saat ini.

Bisa jadi laptop/PC yang kalian gunakan saat ini kurang kompatibel dengan Windows 10. Dengan kata lain, OS terbaru Microsoft ini dinilai terlalu berat.

Perlu untuk kalian ketahui bahwa perangkat yang kurang kompatibel dengan Windows 10 itu akan menunjukkan performa yang kurang bagus. Jadi sangat disarankan untuk downgrade sistem operasi itu ke versi windows yang lebih ringan seperti misalnya windows 7 atau windows XP.

Nah itulah Cara Mengatasi Disk Usage 100% di Windows 10 Dengan Mudah.

Baca Juga  Cara Mengurangi Kecerahan Pada Komputer dan Laptop
Baca Juga  Cara Membersihkan RAM Android dan iPhone Dengan Mudah
Baca Juga  "God Mode" Fitur Tersembunyi Windows 10