Cara Mengatasi File Corrupt di Windows & Cegah Data Hilang

Diposting pada
5/5 - (20 votes)

Cara Mengatasi File Corrupt di Windows & Cegah Data Hilang

Jagoweb.id – Kita menyimpan banyak sekali data dan file yang penting di laptop atau pc kita, karna keperluan ini pekerjaan dan lain sebagainya, dan masalah yang seringkali muncul di windows adalah file corrupt yang tentu akan menghambat aktivitas kalian dalam menggunakan pc atau laptop.

Pengoperasian komputer ini bisa menjadi lambat karna beberapa faktor seperti rusak, hilang dan berubah secara otomatis karna adanya instalasi software baru, selain dari itu file corrupt ini bisa terjadi karna kecerobohan kita sendiri yang mematikan pc atau laptop tanpa close aplikasi yang berjalan.

kebiasaan seperti ini lah yang bisa menyebabkan file tersebut jadi corrupt dan dalam beberapa kasus juga hard disk drive yang bermasalah itu bisa menyebabkan file corrupt. Kerusakan file system Windows ini umumnya tidak tidak terlalu berdampak buruk pada pc atau laptop kalian. Tetapi kalau lalai dan terus dibiarkan, masalah tersebu pun akan menumpuk dan tentu akan bertambah buruk.

Nah di dalam artikel ini akan dibahas gimana cara mengatas file corrupt dan Cara mencegah data itu hilang.


Cara Mengatasi File Corrupt di Windows & Cegah Data Hilang

Dibawah ini merupakan beberapa langkah di dalam mengatasi file corrupt, sebagai berikut :

Cara Mengatasi File Corrupt dengan Ubah Format File

Cara Mengatasi File Corrupt dengan Ubah Format File

Nah salah satu langkah awal yang bisa kalian coba ialah dengan buka file rusak tersebut dengan format yang berbeda. Contohnya, apabila file yang corrupt itu dalam format .docs. Maka kalian bisa mengganti formatnya itu menjadi pdf supaya bisa membukanya. Untuk hal seperti itu kalian bisa memanfaatkan fitur online disana terdapat banyak sekali situs yang menyediakan converter.


Cara Mengatasi File Corrupt Dengan Buka Menggunakan Program Berbeda

Cara Mengatasi File Corrupt Dengan Buka Menggunakan Program Berbeda

Mengubah format file ini tidak serumit yang dibayangkan, salah satu fitur yang bisa kalian pakai adalah fitur Open With yang ada di option disaat kalian mengklik kanan pada file yang rusak, jadi kalau yang rusak itu adalah format .png maka kalian bisa klik kanan file tersebut kemudian open with photoshop atau paint. Kalau format .doc kalian bisa open with worpad dan sebagainya.


Cara Mengatasi File Corrupt Dengan System File Checker

Cara Mengatasi File Corrupt Dengan System File Checker

Adapun cara di dalam mengatasi masalah file corrupt di Windows ini dapat dilakukan dengan memakai System File Checker (SFC) pada Command Prompt. Langkah-langkahnya ialah sebagai berikut:

  1. Jalankan Command Prompt Run As Administrator caranya dengan tekan tombol windows atau klik kanan pada logo Start,
  2. Setelah itu ketik cmd, terus di dalamnya ketikkan “sfc/scannow” untuk perintah scan serta perbaikan file system yang rusak dengan memasukkan perintah.
  3. Biarkan jendela Command Prompt tersebut tentu terbuka sampai proses selesai Proses pemindaian (scan) itu selesai dan proses ini akan memakan waktu cukup lama karna dilakukan secara menyeluruh.
  4. Apabila sistem di windows kalian itu baik-baik saja, maka akan muncul pesan: “Windows Resource Protection did not find any integrity violations” Apabila bermasalah, maka pesan yang muncul adalah : “Windows Resource Protection found corrupt files but was unable to fix some of them
  5. Apabila windows kalian bermasalah maka kalian harus segera restart komputer kemudian hidupkan dalam kondisi Safe Mode (Baca : Cara Masuk Safe Mode)
  6. Setelah itu, ulangi langkah pada poin 1 dan 2 jika berhasil, restart komputer kemudian hidupkan kembali komputer.

DISM

Perlu juga untuk diingat, bahwa System File Checker (SFC) ini pun juga seringkali mengalami error.  Apabila hal tersebut terjadi, kalian butuh kode perintah DISM guna memperbaikinya. Langkah-langkahnya perintah DISM ini adalah sebagai berikut:

  1. Jalankan Command Prompt As Administrator
  2. Kemudian, masukkan perintah “DISM /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth” Dan jangan tutup jendela Command Prompt sampai proses itu selesai
  3. Proses ini umumnya akan memakan waktu sekitar 5 sampai 10 menit apabila proses nya sudah selesai, restart komputer serta jalankan kembali System File Checker seperti langkah di atas.

Cara Mengatasi File Corrupt Dengan Repair Tools

Repair Tools

Apabila file yang rusak atau corrupt itu adalah file yang sangat penting, maka salah satu cara yang bisa kalian lakukan yakni memakai software repair, tetapi untuk mendapatkan kualitas Premium maka kalian harus bayar.

Dengan pelayanan premium itu, file rusak yang kalian miliki itu bisa diperbaiki secara utuh. Cara ini pun adalah salah satu cara untuk mengatasi file corrupt di flashdisk yang biasanya berisi dokumen penting.

Kamu tidak bisa hanya mengandalkan demo software repair karena biasanya file yang rusak hanya akan diperbaiki sebagian atau kamu hanya akan diberi tahu bahwa file tersebut bisa diperbaiki atau tidak. Jadi jika memang file yang akan diperbaiki sangat penting, lebih baik gunakan saja software repair dengan pelayanan premium.

Terdapat beberapa software yang bisa kalian gunakan sesuai dengan jenis file rusak yang ingin kalian perbiaki diantaranya

  1. File Repair,
  2. Repair Toolbox,
  3. Hetman File Repair,
  4. Digital Video Repair,
  5. Digital Video Repair,
  6. Zip Repair,
  7. Office Fix,
  8. MP3 Repair Tool.

Cara Mengatasi File Corrupt Dengan Disk Check

chkdsk

Salah satu penyebab file corrupt itu karna terjadi bad sector di hardisk kalian. apabila karna itu masalahnya maka yang bisa kalian lakukan ialah dengan mencari, menemukan dan memperbaiki kerusakan pada hardisk kalian, salah satu caranya ialah dengan Disk Check. Cara cukup mudah yakni dengan

  1. Tekan tombol Win + R, Setelah itu ketik CMD pada Dialog Run untuk membuka Command Prompt.
  2. Kemudian kalian ketik chkdsk setelah itu tekan tombol Enter. Proses pemindaian sedang berjalan.
  3. Tunggu prosesnya itu selesai selama 10 sampai 15 menit.

Cara Mencegah Data Hilang Karna Corrupt

Cara mencegah agar data itu tidak hilang karna file corrupt ini memang masalah klasik yang kian terjadi dan akibat terburuk adalah file penting itu jadi hilang, jadi sebelum itu terjadi ada baiknya itu kalian mengecek kondisi dari pc atau laptop kalian berskala jadi bisa meminimalisir kemungkinan terburuk, dan juga kalian bisa memanfaatkan teknologi cloud computing yang banyak sekali ditawarkan oleh banyak pengguna, fungsinya cloud ini sebagai salah satu alternatif di dalam memback-up atau mencadangkan file-file penting kalian di internet.

Baca Juga : Pengertian Cloud Computing Adalah

Demikianlah penjelasan tentang Cara Mengatasi File Corrupt di Windows & Cegah Data Hilang .

Baca Juga  Cara Reset Ulang Laptop Windows 10 Tanpa Hilang Data
Baca Juga  Cara Menghilangkan Test Mode Windows 7,8,10 Dengan Mudah
Baca Juga  Cara Uninstall Program Sampai Bersih di Windows