Cara Mengubah Saluran WiFi 2.4 GHz ke 5GHz di Windows 10

Diposting pada
5/5 - (20 votes)

Cara Mengubah Saluran WiFi 2.4 GHz ke 5GHz di Windows 10

Jagoweb.id –  Cara mengubah saluran WiFi Dengan Mudah ini bisa kalian lakukan dengan mudah, hal ini bisa kalian lakukan apabila kalian mengalami masalah koneksi yang putus nyambung, untuk mengubah saluran wifi ini bisa kalian lakukan dengan mengikut langkah-langkah dibawah ini :


Cara Mengubah saluran WiFi Dengan Mudah

Apabila lebih banyak router modern itu bisa dengan secara otomatis mengubah saluran dengan memilih yang terbaik, masalah transmisi sinyal WiFi ini kadang-kadang terjadi.

Penyebabnya itu dapat berupa gangguan yang muncul oleh  karna perangkat lain, oleh dinding rumah atau juga benda lain yang terdapat di rumah serta tidak. Pada saat situasi seperti itu terjadi, mengubah saluran WiFi bisa bermanfaat di dalam menghindari gangguan serta akibatnya guna mengoptimalkan akses serta stabilitas jaringan nirkabel.


Login ke router

untuk kalian bisa mengganti saluran WiFi Di router, hal pertama yang perlu untuk kalian lakukan adalah mengakses panel kontrol. Setelah itu buka browser favorit kalian (misalnya, Chrome, Firefox atau Safari), terhubung ke alamat tersebut 192.168.1.1 atau pun di alamat 192.168.0.1 serta masukkan kombinasi nama pengguna serta kata sandi yang dibutuhkan untuk mengakses ke router.

Dibawah ini merupakan kombinasi akses, Umumnya kombinasi nama pengguna serta kata sandi yang dipakai adalah admin / admin o admin / kata sandi tetapi terdapat keadaan pada saat pengaturan lain itu harus dipakai (misalnya, pada saat data akses router sudah disesuaikan). Dalam hal ini, kalian bisa merujuk ke manual pengguna router untuk menemukan kombinasi yang benar.


Temukan alamat IP router

Apabila alamat IP router tidak sesuai dengan salah satu yang sudah saya tunjukkan, coba lihat label yang terlampir ke perangkat atau pun panduan pengguna. Apabila alamat IP itu tidak muncul dalam daftar, jangan takut, kalian bisa menemukannya langsung dari PC kalian.

Apabila kalian memakai PC Windows, kalian bisa mengetahui alamat IP guna masuk ke router dengan mengetik cmd dengan cara klik windows atau start windows lalu ketik cmd dan enter. Setelah itu ketik perintah ipconfig lalu tekan tombol enter di Keyboard dari PC kalian untuk daftar lengkap alamat yang terkait dengan koneksi kalian. Alamat IP router ini merupakan rangkaian angka yang kalian lihat di sebelah entri Gateway default.


Cara Mengubah WiFi 2,4 GHz ke 5GHz pada Windows 10

Pada perangkat terbaru, biasanya produsen itu sudah menyertai adaptor yang mampu untuk menangkap sinyal dari dua jenis frekuensi tersebut. Tak terkecuali laptop atau PC yang menjalankan Windows 10.

Namun tetapi, pengaturan dasar perangkat itu menjadikan sinyal frekuensi 2,4 GHz yakni sebagai pilihan utama. Maka, apabila kalian merasa koneksi internet ini jadi lebih lambat, dapat mencoba jalankan cara mengubah WiFi 2,4 GHz ke 5GHz di Windows 10 berikut ini.

  1. Pada kotak pencarian yang terletak di samping logo Windows di bagian bawah, ketikkan ‘Device Manager’. Apabila sudah ketemu, klik menu itu.
  2. Pada jendela menu Device Manager, klik menu Network Adapters. Di dalamnya, kalian akan menemukan beberapa pilihan adaptor koneksi internet yang dimiliki perangkat.
  3. Klik kanan pada adaptor Wireless apabila kalian ingin mengubah sinyal frekuensi, setelah itu klik menu Properties
  4. Selanjutnya, klik menu Advanced
  5. Di bawah menu Property, kalian akan menemukan menu Preferred Band atau Band. Klik menu itu
    kemudian, kalian akan menemukan menu drop-down yang terletak di bawah Value. Klik menu itu, setelah itu klik menu Prefer 5.2GHz band

Demikianlah Cara mengubah saluran WiFi 2.4 GHz ke 5GHz di Windows 10.

Baca Juga  Windows Lemot, Defrag Hardisk Agar Lebih Optimal
Baca Juga  Cara Mudah Masuk "Safe Mode" di Windows 10
Baca Juga  Cara Memperbaiki WiFi Laptop Yang Tidak Bisa Connect