Cara Menjadikan HP Android Sebagai Monitor PC Tambahan

Diposting pada
5/5 - (7 votes)

Cara Menjadikan HP Android Sebagai Monitor PC Tambahan

Jagoweb.id – Kadang kalanya kita merasa ingin melakukan dua hal secara bersamaan misalnya seperti menulis pekerjaan kalian di komputer atau laptop tapi juga ingin sambil menonton film, tapi kalian hanya memiliki 1 monitor saja, nah di artikel ini akan dibahas bagaimana Cara Menjadikan HP Android Sebagai Monitor PC Tambahan, fitur ini memang sudah tersedia di sistem operasi windows secara default dan syarat utamanya adalah memiliki dua monitor.

Tapi tidak hanya monitor kalian tetap bisa menggunakan android kalian sebagai penganti monitor, dan juga kamu tidak perlu menghubungkannya dengan kabel USB, kalian hanya perlu menyambungkannya ke Jaringan Wifi yang sama.


Cara Menjadikan HP Android Sebagai Monitor PC Tambahan

Cara ini tentu tidak hanya memudahkan kalian di dalam melakukan beberapa pekerjaan sekaligus, namun kalian juga bisa memanfaatkan HP android atau pun tablet sebagai monitor alternatif apabila layar monitor utama kamu rusak atau pun bermasalah. Selain dari itu, cara ini bisa kalain manfaatkan guna menghemat penggunaan baterai laptop, keren banget kan?.

Untuk itu, kalian membutuhkan sebuah aplikasi yang bernama Spacedesk (remote display) yang terinstal di smartphone android. Selain diinstall di perangkat android, kalian juga wajib untuk menginstall driver-nya di perangkat komputer agar dapat bekerja dengan semestinya.

Langkah-langkah Cara Menjadikan HP Android Sebagai Monitor PC Tambahan, sebagai berikut :

1. Pertama sekali silakan diinstall aplikasi Spacedesk di HP android kamu langsung dari Google Play Store, atau klik link berikut ini. Jika link tersebut rusak, silakan cari di Google Play Store.

spacedesk

2. Setelah aplikasi terinstall di android, kita beralih ke komputer. Download driver Spacedesk untuk komputer windows langsung dari situs resminya di sini. Silakan disesuaikan dengan versi windows yang kamu gunakan, apakah 32-bit atau 64-bit. Kemudian install driver tersebut seperti biasa.

3. Setelah diinstall, silakan di-restart komputer kamu hingga muncul notifikasi di toolbar dengan icon Spacedesk. Artinya komputer atau laptop kamu siap dihubungkan dengan perangkat android.

Sebelum itu, syarat yang harus kita penuhi adalah perangkat android dan komputer harus terhubung pada jaringan yang sama (WLAN). Kamu bisa menjadikan HP android sebagai Hotspot atau bisa juga membuat WiFi Hotspot di laptop.

4. Setelah kedua perangkat tersambung pada jaringan yang sama, selanjutnya kita beralih ke smartphone android. Buka aplikasi Spacedesk di android, lalu masukkan alamat IP komputer pada kotak yang tersedia, atau kamu juga bisa menggunakan Auto Network Search supaya lebih cepat. Lalu tekan tombol Connect untuk mulai menjadikan hp android sebagai monitor tambahan.

5. Selamat, sekarang hp android kamu berubah menjadi desktop komputer.


Cara Setting Multiple Monitor

Sekarang kalian sudah bisa melakukan beberapa hal seperti memakai aplikasi Photosop sembari menonton film dengan teknik drag and drop. Atau kalian juga bisa juga hanya menyalakan monitor android saja serta mematikan desktop komputer guna menghemat baterai. Cara settingnya dapat dilakukan dengan cara klik kanan di desktop -> lalu pilih Screen resolution, setelah itu akan terlihat dua monitor yang terdeteksi.

Multi-Monitor-4

Sebelumnya kalian juga harus mengetahui dulu bahwa monitor 1 itu ialah monitor utama (komputer) serta monitor 2 itu ialah layar android (monitor tambahan). Dibawah ini merupakan beberapa pilihan yang bisa kalian lakukan:

  1. Duplicate these display maksudnya kedua perangkat itu akan menampilkan desktop yang sama. Jadi, apa yang terlihat di perangkat komputer juga akan terlihat di perangkat android.
  2. Extend these display maksudnya Membagi desktop di dalam 2 monitor, ini tentu akan memungkinkan kita bekerja sambil menonton film atau pun hal lainnya.
  3. Show desktop only 1 maksudnya Hanya menampilkan desktop di monitor 1, sedangkan untuk monitor 2 dimatikan.
  4. Show desktop only 2 maksudnya Hanya menampilkan desktop pada monitor 2, sedangkan untuk monitor 1 dimatikan. Cara ini tentu sangat efektif guna menghemat baterai laptop.

Demikianlah penjelasan mengenai Cara Menjadikan HP Android Sebagai Monitor PC Tambahan, semoga bermanfaat.

Baca Juga  9 Daftar Rekomendasi Game Android MMORPG Terbaik
Baca Juga  Cara Mengatasi System Restore Windows 10 Tidak Berfungsi
Baca Juga  Cara Print Dari HP Ke Komputer