Cara Reset Ulang Laptop Windows 10 Tanpa Hilang Data

Diposting pada
5/5 - (16 votes)

Cara Reset Ulang Laptop Windows 10 Tanpa Hilang DataJagoweb.id – Banyak hal yang bisa menjadi alasan kenapa pc atau laptop windows 10 kalian jadi lemot. Dengan cara reset ulang pc atau laptop windows 10 kali bisa saja menjadi solusi terbaik untuk membuat pc atau laptop kembali ke kondisi optimal.

Sebenarnya terdapat beberapa cara lain untuk mengatasi pc atau laptop windows 10 kalian supaya tidak lemot, yakni dengan cara mengurangi beban RAM kemudian menguninstall software yang sudah tidak dibutuhkan, kemudian membersihkan dengan ccleaner, nah hal-hal tersebut adalah opsi lain untuk membuat pc atau laptop kalian jadi tidak lemot, tapi apabila hal tersebut tidak berjalan baik, maka kalian perlu yang namanya reset pc atau laptop kalian, tapi kadang ada hal lain yang membuat malas karna kalian ragu data kalian akan hilang atau tidak.

Nah untuk itu pada artikel ini akan diuraikan bagaimana cara reset pc atau laptop windows 10 tanpa hilang data. Perhatikan baik-baik langkah berikut ini :


Cara Reset Ulang Laptop Windows 10 Tanpa Hilang Data

Terdapat beberapa cara untuk reset ulang PC atau Laptop Windows 10 diantaranya sebagai berikut :

1. Reset This PC di Pencarian

Reset-this-pc

  1. Di kolom pencarian di bagian kanan ‘Start’, kalian ketik ‘Reset this PC’. Nantinya, akan muncul hasil pencarian tersebut serta klik ‘Open’.
  2. Klik tombol ‘Get started’ di bawah tulisan ‘Reset this PC’.
  3. Apabila kalian ingin file tidak terhapus setelah di-reset, maka kalian pilih ‘Keep my file’. Apabila kamu ingin menghapus seluruh data sekaligus, maka kalian klik ‘Remove Everything’.
  4. Selanjutnya, pilih ‘Local reinstall’.
  5. Sebelum melanjutkan proses, maka ubah pengaturan terlebih dahulu dengan cara klik ‘Change settings’.
  6. Pilih ‘Restore apps and settings which came with this PC’ itu menjadi ‘Yes’ guna mempertahankan aplikasi bawaan yang sudah diinstal sebelumnya, setelah itu klik ‘Confirm’.
  7. Apabila pengaturan reset sudah sesuai, klik ‘Next’.
  8. Kalian dapat melihat apa saja aplikasi yang hilang setelah proses reset tersebut selesai. Cara reset ulang laptop, klik ‘View apps that will be removed’, setelah itu klik ‘Back’ guna melanjutkan proses reset.
  9. Terakhir, pilih ‘Reset’. Proses reset selesai itu ditandai dengan komputer melakukan restart.

2. Reset Windows 10 Dengan Mode WinRE

  1. Masuk ke mode WinRE dengan cara menekan tombol F9 atau F12 saat laptop masih mati. Kemudian, secara bersamaan kemudian klik tombol power. Tahan sampaia komputer masuk ke mode WinRE.
  2. Setelah masuk ke mode WinRE, pilih ‘Troubleshoot’.
  3. Kemudian , klik ‘Reset this PC’.
  4. Apabila kalian ingin beberapa file itu tidak terhapus setelah di-reset, maka kalian pilih ‘Keep my file’. Apabila ingin menghapus seluruh data, maka kalian klik ‘Remove everything’.
  5. Pilih akun Windows 10 kalian.
  6. Setelah itu, masukkan password Jika Ada PC atau Laptop Kalian ada password atau klik Continue jika tidak ada password.
  7. Pilih ‘Local reinstall’.
  8. Langkah terakhir, klik ‘reset’ serta komputer akan melakukan proses reset.

Apabila mengalami masalah dengan Pc atau laptop kalian dapat menggunakan beberapa cara dibawah ini:

  1. Refresh PC atau laptop kalian untuk menginstal Windows ulang dan juga menyimpan file serta pengaturan pribadi. Refresh tersebut juga akan mempertahankan aplikasi yang disertakan dengan PC serta aplikasi yang diinstal dari Microsoft Store.
  2. Reset laptop kalian untuk menginstal Windows ulang tanpa menghapus file, pengaturan, serta aplikasi kecuali aplikasi yang disertakan dengan pc atau laptop.
  3. Pulihkan pc atau laptop kalian untuk membatalkan perubahan sistem terbaru yang dibuat.

Apabila kalian tetap mengalami masalah saat memulai (melakukan booting) pc atau laptop, lihat Windows Startup Pengaturan (termasuk mode aman),serta kemudian masuk ke bagian “Masuk ke Windows Startup Pengaturan di bagian Lingkungan Pemulihan Windows”. Kalian bisa merefresh, mengatur ulang, atau pun juga memulihkan pv atau laptop Windows Pemulihan. Apabila kalian ingin mencadangkan serta memulihkan file pribadi kamu memakai Riwayat File, lihat Menyiapkan drive untuk Riwayat File.

Nah itulah Bagaimana Cara Reset Ulang Laptop Windows 10 Tanpa Hilang Data.

Baca Juga  Cara Mengatasi Error Code 224003
Baca Juga  Cara Mematikan System Restore di Windows 10 Dengan Mudah
Baca Juga  Cara Menjadikan Kamera HP Sebagai Webcam PC atau Laptop