“God Mode” Fitur Tersembunyi Windows 10

Diposting pada
5/5 - (20 votes)

Fitur Tersembunyi Windows 10 Yang Wajib Untuk Kamu Tahu

Jagoweb.id – Windows 10 ini adalah versi terbaru saat ini dari Sistem Operasi Windows. Di dalam Windows 10 ini, cukup banyak update yang dilakukan oleh Microsoft guna menunjang kinerja pengguna di dalam menggunakan komputer serta laptop. selain beberapa fitur baru di dalam Windows 10, ternyata terdapat beberapa fitur tersembunyi yang belum banyak diketahui oleh beberapa orang.

Tentu dengan fitur ini akan memberikan manfaat lagi buat para pengguna di dalam mengoperasikan komputer atau laptop, dengan fitur ini tentu akan memperkaya pengalaman kamu dalam mengoperasikan windows 10 ini, nah apa saja fitur tersembunyi dari windows 10 ini adalah :


Fitur Tersembunyi Windows 10 Yang Wajib Untuk Kamu Tahu

Dibawah ini merupakan fitur rahasia yang tersembunyi di windows 10, diantaranya :

1. Find My Device

Fitur ini tergolong sebuah fitur yang lazim di temui pada di tiap-tiap device smartphone seperti iPhone serta Android. Serta pada update terbaru Windows 10 kali ini, pengguna dapat merasakan fitur yang sama ditablet ataupun laptop mereka.

  1. Cukup dengan mengakses akun Microsoft pada browser,
  2. setelah itu masuk pada pilihan menu,
  3. kemudian pilih setting, update & security dan setelah itu pilih find my device.

Cara menampilkan jendela emoji di Windows 10 Tampilan fitur Emoji yang terdapat di Windows 10. Lihat Foto Tampilan fitur Emoji yang terdapat di Windows 10.(KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama) Emoji sangat umum digunakan untuk mewakili ekspresi pengguna di ponsel. Uniknya, Windows 10 turut dilengkapi dengan fitur emoji. Cara mengaksesnya pun mudah: Tekan kombinasi tombol Windows + titik (.) secara bersamaan Windows 10 akan menampilkan sebuah jendela yang memuat beragam emoji dan simbol-smbol khusus berbasis gambar ataupun teks yang bisa ditambahkan ke dokumen atau aplikasi chat.


2. Tombol rahasia

Cobalah kalian arahkan mouse ke bagian sudut kiri, tepatnya di samping ikon notifikasi. Di bagian itu, terdapat sebuah tombol kecil yang seolah-olah tombol tidak terlihat. Apabila kalian klik bagian itu maka secara otomatis seluruh program yang berjalan akan masuk ke mode minimize.

Kalian bisa mengatur fungsi dari tombol itu dengan cara

  1. klik kanan pada mouse yang diarahkan pada tombol tersebut.
  2. Setelah kalian tekan klik kanan, maka akan muncul 2 pilihan yakni “Show Desktop” serta “Peek at desktop”.
  3. Apabila kalian ceklis bagian “Peek at Desktop”, maka kalian bisa melakukan minimize pada semua program yang berjalan di komputer atau laptop kalian.

3. Memutar layar

Keunikan lainnya dari Windows 10 ini ialah kalian bisa memutarkan layar seperti hal nya smartphone. Dengan fitur rahasia ini, kalian bisa memutarkan monitor menjadi 90 derajat pada sisinya. Bahkan, cara tersebut juga dapat memutarbalikan layar seseuai dengan keinginan.

Caranya ialah kalian

  1. tekan tombol kombinasi di keyboard, yakni “CTRL+Alt+D kemudian arah panah”.

Contohnya saja, apabila kalian memakai arah panah ke atas, maka layar tersebut akan berputar secara 90 derajat ke arah vertikal. Begitu juga dengan arah lainnya, kalian bisa mengatur-atur tampilan layar.


4. Fitur unik Slide to Shutdown

Fitur tersembunyi lainnya yang juga tidak kalah unik ialah fitur “Slide to Shutdown”. Fitur ini akan memungkinkan kalian untuk melakukan shutdown komputer tanpa harus melakukan tombol shutdown seperti yang biasa dilakukan. Biasanya disaat kita melakukan shutdown, maka kalian selalu sklik Start kemudian klik Shut Down. Tetapi ternyata, ada cara yang lebih praktis.

Fitur ini bisa diakses dengan melalui file yang bernama SlideToShutDown.exe. File tersenit berlokasi pada folder System32 yang mana artinya kalian bisa menjalankannya dengan mudah melalui pencarian di start menu.

Apabila kalian ingin mengaksesnya lebih cepat lagi, kalia bisa membuat file shortcut. Caranya navigasi ke C:\Windows\System32, Setelah tiu cari file SlideToShutDown.exe. Apabila sudah klik kanan kemudian kalian pilih Send to > Desktop (create shortcut).

Atau kalian juga bisa memberikan shortcut keyboard dengan cara klik kanan pada shortcut serta pilih Properties. Pada jendela propreties, kalian hanya perlu isi pada kolom Shortcut key dengan cara menekan kombinasi tombol yang kamu inginkan.

SlideToShutDown.exe


5. Fitur Multiple Screen

Fitur rahasia lainnya ialah dengan adanya Multiple Screen. Dengan memakai fitur ini, kalian bisa membuka dua program di dalam satu screen. Bahkan, kalian juga bisa membuka segala macam aplikasi dalam satu layar secara bersamaan.

Untuk bisa memakai fitur ini, terdapat dua cara, yakni memakai keyboard serta menggunakan mouse.

Apabila kalian memakai keyboard,

  • maka kalian hanya perlu memakai kombinasi tombol “Win + Tombol panah yang sesuai dengan keinginan”.

Jika dengan menggunakan mouse,

  • kalian hanya perlu seret aplikasi ke bagian sudut layar. Secara otomatis, program tersebut akan terbagi dengan sendirinya.

6. Fitur Cortana pada bagian Lockscreen

Cortana di Windows 10 tidak hanya bisa standby di bagian desktop, namun juga bisa dilakukan disaat masuk ke mode lockscreen. Secara defaultnya, kalian bisa mengatur Cortana secara aktif di bagian pengaturannya. Bisa dibilang, kalian bisa memanggilnya dengan menulis “Hey Cortana” pada lockscreen diikuti dengan perintah. Contohnya itu seperti “Hey Cortana… mainkan musik”, maka dengan secara otomatis akan muncul lantunan musik yang sudah diatur oleh kalian. Lantunan musik ini akan terus diputar dengan secara otomatis.


7. Cara menampilkan jendela emoji di Windows 10

Emoji ini sangat umum dipakai guna mewakili ekspresi pengguna di ponsel. Uniknya, Windows 10 kemudian turut dilengkapi dengan fitur emoji. Cara untuk mengaksesnya pun mudah:

  1. Tekan kombinasi tombol Windows + titik (.)
  2. secara bersamaan Windows 10 akan menampilkan sebuah jendela yang memuat beragam emoji serta juga simbol-simbol khusus berbasis gambar maupun teks yang dapat ditambahkan ke dokumen atau aplikasi chat.

8. Cara mengaktifkan mode game di Windows 10

Fungsi dari fitur ini ialah mengoptimalkan kinerja serta fitur perangkat agar game bisa berjalan semulus mungkin tanpa gangguan. Windows 10 ini ada fitur bernama Xbox Game Bar. Cara udah bisa mengaktifkannya sebagai berikut:

  1. Tekan kombinasi tombol Windows + G secara bersamaan
  2. Xbox Game Bar akan ditampilkan di sisi atas
  3. Melalui menu Performance, maka kalian bisa menampilkan jendela kecil berisi monitoring sumber daya sistem’
  4. Lewat menu Capture, maka kalian bisa merekam video atau pun screenshot layar Di menu Settings, kalian juga dapat mengatur hal-hal seperti mematikan notifikasi disaaa sedang bermain game.

Game bar ini nampaknya sudah tidak asing lagi di kalangan para gamer. Sesuai dengan namanya, fitur ini akan mampu mengubah komputer itu ke dalam mode gaming. Mode gaming ini akan secara otomatis mematikan seluruh notifikasi yang masuk. Di samping itu, fitur tersebut juga bisa dipakai untuk merekam tampilan yang ada di layar monitor. Dengan cara Melalui kombinasi tombol Windows + G, maka pengguna bisa segera mengaktifkan fitur game bar. Setelah fitur Game Bar aktif, pengguna juga bisa berinteraksi dengan pemain lain yang terhubung pada Xbox Social.


9. Cara mengaktifkan “God Mode” di Windows 10

“God Mode” ini sebenarnya merupakan julukan untuk mode khusus pada sistem operasi Windows 10. Mode ini bisa memberikan pengguna akses secara penuh terhadap segala macam menu pengaturan yang tersedia layaknya Control Panel. Melalui fitur ini, maka kalian pengguna bisa mengakses lebih dari 200 menu pengaturan sekaligus dengan melalui satu tampilan jendela.

Dengan kehadiran fitur ini dinilai bisa menghemat waktu pengguna yang ingin melakukan beragam opsi pengaturan di PC atau laptop, misalnya ialah seperti menghapus aplikasi, membuat partisi di hard disk, kemudian mengubah tampilan Windows, serta masih banyak lagi.

Langkah yang dibutuhkan untuk mengaktifkan fitur “God Mode” ini juga terbilang mudah. Caranya sebagai berikut:

  1. Klik kanan pada layar utama desktop dan pilih opsi New > Folder.
  2. Selanjutnya, beri nama folder tersebut sesuai dengan kalimat berikut: GodMode.{ED7BA470-8E54-465E-825C-99712043E01C}
  3. Ikon folder yang baru saja dibuat akan secara otomatis menjadi gambar sistem. Folder tersebut tidak memiliki nama.
  4. Untuk mengaktifkan God Mode, pengguna cukup membuka folder tadi.
  5. Selanjutnya, pengguna dapat dengan bebas menjalankan beragam jenis peraturan yang tersedia di dalam folder God Mode ini.

Shortcut pada Keyboard

Berikut ini daftar shortcut rahasia terbaru yang ada pada OS windows 10 :

Windows + Tab (Tampilan Tugas)
Windows – Right-Up (Memindahkan aplikasi ke kuadran kanan atas)
Windows Key-Ctrl-Kiri atau Kanan (virtual desktop)
Windows Key-Ctrl-D (desktop virtual baru)
Windows Key-Ctrl-C (Cortana Listening)
Windows Key-S (Laporan Harian untuk cuaca, berita, olahraga)
Windows Key-Ctrl-F4 (menutup virtual desktop)
Windows Key-Up dan Down (snap aplikasi ke atas atau bawah layar atau maksimalkan)


Mengetahui besaran konsumsi ruang pada aplikasi di dalam drive

Terdapat banyak aplikasi yang mungkin akan memakan banyak ruang di drive laptop atau pc kalian. Apabila mengalami hal – hal seperti itu, maka satu – satunya cara ialah dengan, melihat aplikasi apa saja yang tingkat konsumsinya itu memakan banyak ruang pada drive.

Pada Windows 10, klik Settings > System > Storage is a list of the drives on your PC. Klik pada drive, dan kalian akan mendapatkan tampilan breakdown yang menginformasikan berapa banyak ruang yang terpaka oleh aplikasi seperti aplikasi, foto, video dan lainnya pada drive trersebut. Untuk informasi yang lebih detail. klik pada tiap – tiap subcategory yang ada.

Demikianlah Fitur Tersembunyi Windows 10 Yang Wajib Untuk Kamu Tahu.

Baca Juga  Cara Mematikan System Restore di Windows 10 Dengan Mudah
Baca Juga  Cara Memperbaiki WiFi Laptop Yang Tidak Bisa Connect
Baca Juga  Cara Mengatasi Disk Usage 100% di Windows 10