Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang

Diposting pada
Rate this post

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang Di Smartphone

Jagoweb.Id – Pasti kalian pernah mendownload aplikasi tapi tidak terpasang di hp/smartphone kalian, terdapat banyak kasus penyebab kenapa aplikasi tidak terpasang di smartphone kita seperti xiaomi, iphone, samsung, vivo, realme, oleh karena itu pada kesempatan ini akan dibahas tentang cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di android kita.

Aplikasi tidak terpasang ini biasanya karna terdapat kesalahan pada aplikasi yang kalian ingin kalian install dan juga bisa karna sistem tidak didukung, bahkan juga bisa karna dianggap aplikasi tersebut berbahaya untuk smartphone kalian.

Nah untuk lebih jelasnya maka akan diuraikan apa penyebab dari aplikasi tidak terpasang di smarphone kalian.


Penyebab Aplikasi Tidak Terpasang

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan aplikasi itu tidak terpasang pada smartphone kalian entah itu xiaomi, iphone, samsung, vivo, realme, pasti kadang mempunyai masalah yang sama, penyebab aplikasi tidak terpasang adalah karna :

  1. Memori Tidak Cukup

    Saat ingin menginstall aplikasi kalian juga harus memastikan bahwa smartphone kalian itu cukup itu kapasitas penyimpanan untuk menginstall aplikasi. Kalau tidak ya jelas saja kalau aplikasi itu tidak bisa terpasang apabila kalian mendownload aplikasi dengan playstore maka kalian akan ada notifikasi bahwa penyimpanan kalian tidak cukup dan disarankan untuk menghapus aplikasi yang terpasang.

  2. Kesalahan Penginstalan

    Faktor selanjutnya yang menyebabkan aplikasi itu tidak terpasang ialah HP di root. karna pada dasarnya aplikasi itu harusnya terinstal pada direktori tertentu, tetapi karna hal ini bisa menyebabkan “incorrect apk install location“ yang membuat aplikasi itu tidak bisa menemukan lokasi instalannya, maka kalian bisa coba untuk menyimpannya pada memori hp dan juga sd card karna tidak jarang aplikasi itu harus didownload dan disimpan di SD Card.

  3. Error Pada Sistem

    Hal yang mungkin juga terjadi ialah karna Sistem Android error. Terutama pada saat smartphone itu dipakai untuk kebutuhan tertentu. Dampak yang ditimbulkan itu bisa bermacam-macam, serta salah satu dampak yang ditimbulkan itu adalah kesalahan dalam proses instalasi aplikasi.

  4. Aplikasi Tidak Mendukung

    Hal ini menjadi salah satu faktor kenapa aplikasi itu bisa terpasang. jadi pastikan juga bahwa aplikasi yang ingin kalian instal di smartphone kalian itu compatible.

  5. Aplikasi Yang Kalian Install Tidak Resmi

    Selanjutnya adalah aplikasi yang kalian install itu tidak resmi, hal ini bisa terjadi kalau kalian mendownload aplikasi tersebut dari website-website tertentu, oleh karna itu apabila kalian ingin mendownload aplikasi disaran lewat playstore apabila kalian pengguna android dan Appstore bagi kalian pengguna iPhone.

  6. Apk Corrupt

    Karna rasa penasaran yang besar dan ingin mencoba aplikasi premium dengan gratis tidak jarang kalian mendownload aplikasi dari website-website tertentu. nah disini lah kadang aplikasi yang kalian download itu adalah aplikasi yang corrupt atau rusak dan menyebabkan aplikasi itu tidak terpasang di smartphone kalian.


Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Diinstal di HP Android

Dibawah ini merupakan cara mengatasi aplikasi tidak terpasang pada smartphone kalian, mau itu seperti xiaomi, iphone, samsung, vivo, realme, nah untuk itu kalian bisa mencoba langkah-langkah dibawah ini

1. Restart Smartphone

Restart-Smartphone

Langkah pertama untuk kalian yang tidak bisa menginstall aplikasi ialah dengan cara merestart terlebih dahulu smartphone kalian, ini adalah langkah awal yang perlu untuk dilakukan.


2. Aktifkan Unknown Resource

Pasang-aplikasi-tidak-dikenal

Setelah solusi pertama itu tetap tidak bisa memasang aplikasi tersebut maka kalian aktifkan dulu fitur Pasang sumber tidak terkenal “Unknown Resources“. Caranya sebagai berikut

  1. Buka Setelan Android.
  2. Setelan Keamanan di HP
  3. Setelah itu kalian cari pengaturan tentang , sumber tidak dikenal “Unknown Resource” yang bisa kalian On dan OFF kan.
  4. Setelah itu restart HP kalian.

Apabila sudah silahkan install kembali aplikasi yang sudah kalian download.


3. Edit Kode Aplikasi

Apabila kedua cara diatas tidak berhasil, langkah selanjutnya bisa kalian coba ialah dengan ubah atau edit kode dari aplikasi tidak terpasang itu dengan menggunakan Editor Apk, Caranya sebagai berikut :

  1. Unduh dan Instal Editor APK ini di perangkat smartphone kalian
    apk-editor
  2. Setelah diinstal, jalankan dan ketuk Select an Apk File atau Select Apk from App
    Select-Apk-from-App
  3. Selanjutnya pilih file Apk yang tidak bisa terpasang kemudian ketuk Common Edit
  4. Sekarang ubah lokasi instal aplikasi menjadi Internal Only. Di dalam aplikasi editor ini juga kalian bisa mengubah Version Code aplikasi sesuai dengan kebutuhan Kalian.
    ubah-lokasi-instal-aplikasi
  5. Setelah modifikasi, dan tekan Save serta keluar dari aplikasi

Sekarang coba instal versi aplikasi yang sudah kalian modifikasi lokasinya.


4. Hapus Cache dan Non aktifkan Google Protect di Playstore

Menghapus Cache yang ada dupenyimpanan Google Playstore ini pun bisa kalian coba untuk mengatasi aplikasi yang tidak bisa terpasang di smartphone kalian. Caranya sebagai berikut :

Untuk Hapus Cache kalian bisa lakukan cara dibawah ini :

  1. Buka Setelan Android > Pengaturan Lainnya (jika ada) > Pengelola Aplikasi > Cari Aplikasi Playstore
    hapus-cache-google-playstore
  2. Selanjutnya pilih Penyimpanan, Setelah itu masuk ke menu Penyimpanan.
  3. Maka ada opsi Hapus Data dan Cache.
  4. Kalian Klik Hapus Cache Playstore.

dan untuk menonaktifkan google protect dengan langkah-langkah dibawah ini :

Note: Ingat juga bahwa google protect ini sangat penting untuk keamanan smartphone kalian, jadi setelah menginstall aplikasi diharapkan untuk mengaktifkan fitur ini kembali.

  1. Buka Play Store di perangkat Anda
  2. Ketuk tanda ≡ atau juga akun playstore kalian yang ada disamping menu pencarian. nanti akan ada beberapa pilihan salah satu play protect
    play-protect
  3. Ketuk Play Protect, Nanti akan ada ikon Pengaturan (gerigi) yang berada di sudut kanan atas layar
  4. Langkah selanjutnya, nonaktifkan pindai aplikasi dengan Play Protect dengan cara klik atau menggeser tombol saklar on dan off untuk aktif dan non aktifkan play protect
    play-protect-on-off
  5. Selesai. dan seekarang silahkan kalian coba instal file Apk yang tidak terpasang sebelumnya.

5. Cek Memori Internal

Cek-Memori-Internal

Intinya kalian harus memastikan bahwa smartphone kalian memiliki cukup kapasitas tergantung dengan aplikasi yang kalian ingin install karna tidak jarang aplikasi smartphone ini membutuhkan kapasitas sampai bergiga-giga.

Jadi untuk mengatasi hal ini kalian bisa menguninstall aplikasi yang tidak terpakai, menghapus file-file yang tidak penting, foto dan video yang terduplikat dan banyak lagi.


6. Periksa Kompatibilitas (Versi) Aplikasi

kompatibel Aplikasi

Salah satu penyebab dari aplikasi tidak terpasang di smartphone kalian karna aplikasi tidak kompatibel dengan smartphone kalian. jadi disarankan untuk mengeceknya terlebih dahulu, karna dalam hal ini akan berpengaruh pada fungsi dari aplikasi itu sendiri.

Jadi Solusi untuk hal ini ialah dengan memeriksa terlebih dahulu versi aplikasi tersebut dengan kompabilitas yang dibutuhkan. Silakan sesuaikan atau install versi yang terbaru.


7. Reset Ulang Smartphone

Ini merupakan langkah terakhir tapi tidak wajib juga tergantung seberapa pentingnya aplikasi itu untuk kalian, kalau hanya untuk mencoba saja ya tidak usah. Dengan melalui reset ini maka semua data, pengaturan, serta hal lainnya yang ada di smartphone kalian akan hilang. Istilahnya kembali lagi ke pengaturan pabrik.

reset-ulang

Note : Backup terlebih dahulu file penting kalian.

Begitu pula dengan segala macam error yang ada di smartphone kalian juga akan ikut hilang, jadi caranya untuk Reset ulang smartphone kalian cukup mudah, yakni dengan :

  1. Buka Setelan.
  2. Masuk ke menu Cadangkan dan Setel Ulang.
  3. Lakukan reset tunggu proses reset selesai

Demikianlah cara Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Smartphone kalian.

Baca Juga  6 Daftar Rekomendasi Game Action Android Terbaik 2021
Baca Juga  Cara Menggunakan Secret Chat Telegram
Baca Juga  Cara Remote Mouse dan Keyboard Laptop Melalui Android