Cara Mengurangi Kecerahan Pada Komputer dan Laptop

Diposting pada
Rate this post

Cara Mengurangi Kecerahan Di Komputer & Laptop

Jagoweb.id – Bagi kalian yang selalu beraktivitas menggunakan komputer atau laptop itu tentu akan merasa terganggu apabila kecerahan pada komputer dan laptop itu tidak nyaman, hal ini biasa terjadi apabila komputer atau laptop itu bukan milik kita bisa karna kita meminjam atau komputer kantor jadi butuh penyesuaian bagi mata kita. dan tingkat kecerahan ini juga tergantung dari kondisi juga tergantung dari dimana letak komputer dan laptop itu berada apakah diluar atau di dalam ruangan, tentu akan membuat kita ingin menyesuaikan kecerahan komputer dan laptop.

Terdapat beberapa cara untuk  mengurangi kecerahan pada komputer dan laptop caranya itu bisa menggunakan keyboard bisa dari monitor.


Cara Mengurangi Kecerahan Pada Komputer dan Laptop

Nah dibawah beberapa cara untuk kalian bisa mengurangi tingkat kecerahan pada komputer serta laptop kalian diantaranya :

1. Mengatur Kecerahan dari Monitor

Cara yang pertama ialah dengan mengatur kecerahan pada monitor kalian sendiri, biasanya terdapat beberapa tombol yang mengatur segala macam keperluan komputer, seperti tombol volume, on/off dan juga tingkat kecerahan pada monitor itu sendiri.

Yang hanya perlu kalian lakukan adalah menekan tombol itu khusus yang mengatur tentang kecerahan monitor kalian. Beberapa monitor terbaru juga sudah menyediakan software khusus yang mengatur tentang layar, software ini tentu perlu di instal terlebih dahulu sebelum digunakan bahkan software ini juga mengatur hal lain dengan beragam fitur lainnya.

Dan jika kalian menggunakan Laptop kalian bisa dengan cara Klik Fn + Simbol Kecerahan (Brightness) Layar pada Keyboard , nah untuk simbol kecerahan ini tergantung pada keyboard kalian, Biasanya, tombol brightness ini  digambarkan seperti matahari yang redup atau terang.

Baca Juga artikel menarik : Cara Mengatasi Disk Usage 100% di Windows 10


2. Manfaatkan Personalize

Kalian pasti pernah mengganti background monitor kalian, nah disitu juga kalian bisa mengatur tingkat kecerahan pada komputer (pc) dan laptop kalian. Caranya sebagai berikut :

  1. Di layar utama kalian klik kanan.
  2. Nanti akan muncul beberapa opsi, kemudia kalian klik personalize
    personalize
  3. Setelah itu kalian ke opsi display, disana kalian bisa mengatur kecerahan komputer atau laptop kalian. umumnya menu display ini letaknya di pojok kiri bawah (Windows 7).
    windows7 atur kecerahan
    sedangkan untuk (windows 10) kalian bisa klik action center dipaling pojok kanan, dan kalian bisa slide brightness untuk menyesuaikan kecerahan layar monitor kalian (Jika Ada) Kalau tidak ada kalian pergi ke Setting> System > Display..
    windows 10 atur kecerahan
  4. Nah selanjutnya tidak kalian sesuaikan dengan kenyamanan kalian melihat monitor.

3. Control Panel VGA Card

Jika kalian memakai VGA tentu kalian bisa memakai opsi ini untuk mengatur kecerahan pada monitor kalian, dan caranya juga cukup mudah untuk mengatur kecerahan dari control panel vga card, dalam artikel ini menggunakan nvidia (ada banyak macam vga) namun cara mengatur kecerahannya mirip, caranya sebagai berikut :

  1. Kalian ke control panel nvidia dengan cara klik kanan>NVIDIA Control Panel
    mengatur kecerahan lewat vga card
  2. Nanti akan terdapat banyak pilihan menu seperti 3D Settings, Display,  Stereoscopic 3D, Video, diantara keempat menu itu kalian pilih menu DISPLAY.
    setting kecerahan nvidia control panelDi menu Display kalian pilih sub menu Adjust Desktop Color Setting, dan pada opsi Choose How Color Is Set kalian pilih Use Nvidia Settings.
  3. Setelah itu kalian bisa menyesuaikan kecerahan pada monitor kalian, jika sudah klik Apply.

4. Kombinasi Windows + X (hanya untuk Laptop)

Langkah selanjutnya untuk bisa mengatur kecerahan pada Windows 7, 8, sampai Windows 10, tetapi ini hanya berlaku untuk Laptop Saja jika kalian menggunakan PC atau komputer maka nanti akan ada notifikasi “Windows Mobility Center is Available Only On Laptop” Cara menggunakan mobility center sebagai berikut  :

Tekan tombol windows + huruf X pada keyboard atau kalian klik start kemudian ketikan mobility Center.

mobility center

untuk mengatur kecerahan layar PC / laptop, silakan kalian geser pada bagian Display brightness. Terdapat sebuah bar di bagian bawah menu, kalian bisa geser ke kanan atau ke kiri untuk menyesuaikan tingkat kecerahan pada laptop kalian.

Nah itu lah Cara Mengurangi Kecerahan Pada Komputer dan Laptop.

Baca Juga  Cara Reset Ulang Laptop Windows 10 Tanpa Hilang Data
Baca Juga  Windows Lemot, Defrag Hardisk Agar Lebih Optimal
Baca Juga  Cara Merekam Suara Google Translate di Smartphone & PC