Cara Mengetahui Tipe Drive HDD atau SSD Di PC atau Laptop

5/5 - (1 vote)
Cara Mengetahui Tipe Drive HDD atau SSD Di PC atau Laptop

Cara Mengetahui Tipe Drive HDD atau SSD Di PC atau Laptop

Jagoweb.id – Cara cek hdd atau ssd di pc atau laptop, sebenarnya ini merupakan hal yang mudah untuk dibedakan karna dari bentuk fisik saja sudah berbeda, tapi gimana kalau terpasang di laptop atau malas membuka cpu, oleh karena itu dikesempatan ini kita akan membahas cara mengetahui tipe drive di windows. Hal yang perlu untuk kita ketahui terlebih dahulu adalah tentang Hardisk dan SSD itu apa ?

Pengertian HDD

Secara sederhana HDD (Hard Disk Drive) adalah perangkat keras yang dipakai untuk menyimpan data pada komputer dan laptop. Perangkat keras ini sifatnya non-volatile memory yang artinya bahwa data yang disimpan itu tidak akan hilang walaupun komputer itu dimatikan. Kapasitas dari HDD sekarang ini umumnya cukup besar.

Pengertian SSD

SSD adalah singkatan dari Solid State Drive, adalah perangkat keras yang berguna untuk menyimpan data dengan mekanisme memori berbasis flash yang membuatnya lebih cepat terbaca. SSD ini membaca, menulis serta memelihara data dengan permanen bahkan tanpa daya.

Baik HDD ataupun SSD ini diperuntukan untuk non server. Keduanya sama-sama memakai SATA (Serial ATA) sebagai konektor.

Cara Cek Tipe Drive Dari Defrag

Disk Defragmentation, sesuai dengan namanya disk Defragmentation ini adalah seperti mengumpulkan pecahan-pecahan ada tersebar menjadi satu. Dalam kasus ini pecahan itu adalah data yang terpisah tempat atau berserakan dalam Hardisk dan dikumpulkan dalam tempat yang berdekatan

Cara cek dari defrag adalah :

  1. Klik Start > Pada kotak pencarian ketikan “Defrag” > maka nanti muncul “Defragment and Optimize Drives”
    cara cek tipe drive hdd atau ssd
  2. Kalian Klik “Defragment and Optimize Drives” maka tampilannya akan seperti ini
    cara cek tipe drive hdd atau ssd
  3. Jika pc atau laptop kalian menggunakan HDD maka disitu tertera “Media Type : Hard Disk Drive” Seperti Pada komputer ini, sedangkan kalau menggunakan SSD maka yang tertera “Media Type : Solid State Drive” Sama seperti pada penjelasan diatas.

Nah disini kalian sudah mengetahui cara cek type drive yang terpasang di pc atau laptop kalian dengan mudah. Dan karna tipe drive ini ada perbedaan pada basis sistemnya membuat untuk type ssd ini tidak wajib untuk di Defrag, hal ini berbeda untuk kalian yang menggunakan HDD, karna kalau HDD itu menggunakan pola berputar sedangkan SSD tidak menggunakan pola berputar.

Demikianlah penjelasan singkat tentang Cara Cek HDD atau SSD Di PC/Laptop Dengan Mudah.

Baca Juga  Cara Mengatasi Error Code 224003
Baca Juga  5 Cara Aktivasi Windows 10 Dengan Mudah dan Simple
Baca Juga  Cara Uninstall Program Sampai Bersih di Windows
error: Content is protected !!