Cara Cek Kesehatan Harddisk Di Windows Dengan Mudah

5/5 - (1 vote)
Cara Cek/Melihat Kesehatan Hard disk Di Windows Dengan Mudah

Jagoweb.id- Cara cek sentinel hdd ini bisa dilakukan dengan mudah, hal ini dilakukan untuk bisa mengetahui kesehatan pada hard disk kalian, salah satu yang bisa dilakukan untuk melihat kesehatan hard disk adalah dengan hard disk sentinel.

Hardisk adalah perangkat keras pada komputer atau laptop yang berguna sebagai tempat penyimpanan data, gambar, video, musik dan lain sebagainya, kapasitas dari hardisk juga sekarang ini sudah besar berbeda dengan SSD. Baca juga : Cara Cek Type Drive HDD atau SSD.

Meskipun terlihat kokoh dan keras hard disk ini ternyata rentan rusak, karna bagian dalam hard disk itu sangatlah sensitif. nah karna itulah kalian harus tau cara melihat kesehatan hardisk, karna jangankan terbanting, diguncang saja hardisk bisa rusak.

Cara Cek Kesehatan Hardisk Dengan Hard disk Sentinel

Hardddisk Sentinel adalah adalah perangkat lunak atau software yang berguna untuk mengecek dan memonitor kesehatan dari hard disk yang kalian pakai. hard disk sentinel ini bisa kalian gunakan secara efektif guna mencegah kehilangan data.

Jadi kalian bisa tau sejak dini untuk memback up data kalian yang ada di dalam hard disk jika kesehatan pada hard disk itu menurun. untuk bisa menggunakan software ini kalian harus mengunduh dan menginstalnya pada pc atau laptop kalian. Caranya cek hdd dengan hard disk sentinel sebagai berikut :

  1. Silahkan unduh dan instal software hard disk sentinel di situs resmi : https://www.hdsentinel.com/
    hd sentinel
  2. Setelah itu kalian buka hard disk sentinel, pada tampilan utama hd sentinel, kalian sudah bisa melihat kesehatan dari hard disk kalian, dan diberikan 2 keterangan tentang di bar overview “Kesehatan/Healty dan Performa/Performance”
    hard disk sentinel
  3. Dan untuk lebih mendetail kalian bisa check lebih lengkap lagi pada menu S.M.A.R.T sedikit keterangan  (Ceklis Hijau : hard disk masih bagus, Tanda Seru Kuning : Hard disk mulai Rusak, Tanda Merah : Hard disk kalian bermasalah)
    smart hd sentinel

Catatan :

  1. Temperatur Normal dari hardisk : 40º lebih bagus kalo berada di 40º
  2. Sistem kalau melambat bisa jadi karna hard disk kalian bermasalah
  3. Hard disk mengeluarkan suara bising artinya ada gejala kerusakan
  4. Blue Screen artinya hard disk kalian bermasalah

Nah demikianlah penjelasan tentang Cara Cek/Melihat Kesehatan Hard disk Di Windows Dengan Mudah.

Baca Juga  Cara Menyambungkan Wifi Ke Laptop Yang Tidak Terdeteksi
Baca Juga  Cara Remote Mouse dan Keyboard Laptop Melalui Android
Baca Juga  Cara Menjadikan HP Android Sebagai Monitor PC Tambahan