Cara Mengatasi Laptop Yang Lemot, Berat, Lag

Rate this post

Mengatasi Laptop Lemot

Jagoweb.id РMengatasi laptop ngelag tentu sangat diperlukan guna menyokong pekerjaan dan aktivitas yang lainnya, laptop yang lemot tentu akan menghambat kegiatan saat sedang zoom ataupun menyelesaikan pekerjaan  ataupun pembelajaran.

Laptop yang berat maupun lemot ini bisa disebabkan oleh karena banyak hal,  salah satu nya adalah karena penggunaan laptop itu sendiri, maksudnya adalah jangka waktu dari penggunaan laptop yang lama tentu akan menyebabkan kinerja laptop itu jadi menurun.

laptop ataupun komputer itu sama yang membedakan hanya ke praktisannya dan penggunaannya meskipun daya tahan komputer ini lebih kuat dibandingkan laptop namun laptop ini praktis dan bisa dibawa kemana saja.

namun bagaimana kalau laptop itu lemot dan sering ngelag tentu kesel juga ya apalagi buru-buru dalam menyelesaikan pekerjaan.

Oleh karena itu dikesempatan ini akan dibahas bagaimana mengatasi laptop yang nge lag dan lemot.


Penyebab Laptop Lemot dan NgeLag

Cara Mengatasi Laptop Yang Lemot, Berat, Lag

Untuk bisa kita mengatasi laptop yang lemot dan ngelag kita harus tau dulu apa saja yang menjadi penyebab dari laptop itu jadi lemot dan nge lag.

penyebab dari laptop nge lag ini bisa disebabkan oleh karena beberapa hal, diantaranya :

  1. Umur dan jangka waktu penggunaan
  2. File sampah yang menumpuk
  3. Virus
  4. Penggunaan software terlalu banyak
  5. Hard disk penuh
  6. Hardware tidak di upgrade

diatas itu adalah hal -hal yang umum terjadi dan membuat laptop itu menjadi lemot dan lag, lantas bagaimana cara mengatasi laptop yang lemot dan ngelag.


Cara Mengatasi Laptop Ngelag dan Lemot

berdasarkan penyebab dari laptop lemot dan lag, kita bisa menyimpulkan apa saja yang harus dilakukan untuk mengatasi laptop yang nge lag dan lemot, yang bisa kalian baca di : Cara Mempercepat Windows , dan untuk penjelasan dari sebagai berikut :

Umur dan Jangka Waktu Penggunaan Laptop

Seperti yang kita tahu bahwa semakin banyak waktu penggunaan laptop tentu akan mengurangi kinerja atau performa dari laptop, dan hal ini wajar terjadi.

oleh karena itu kita perlu untuk mengupgrade laptop kita, tidak harus semua sekaligus bisa dicicil seperti nambah ram dulu baru hard disk dan lain sebagainya.


File Sampah Yang Menumpuk

File sampah yang menumpuk ini berada di system c yang umumnya merupakan tempat OS itu terinstall, semakin kecil kapasitas drive c tentu akan menyebabkan lemot dan berat laptop saat digunakan.

Oleh karena penting untuk kalian menghapus file sampah (Cache) dan memindahkan file-file download yang berada di c ke drive lain.

ada bagusnya kalau menyisahkan 15 GB di drive C, apabila kalian ingin menghapus file sampah (cache) yang ada di laptop kalian caranya seperti berikut ini :

  • Tekan tombol kombinasi (ctrl+r) lalu kalian ketikan %temp% dan enter.
  • Maka kalian akan dibawa ke folder penyimpanan cache
  • Kalian tekan tombol kombinasi (ctrl+a) untuk memilih semua file yang ada di folder tersebut.
  • Klik kanan > delete > yes untuk menghapus semua file tersebut, atau langsung tekan tombol delete dan yes.
  • Bersihkan/hapus juga file yang ada di dalam Recycle bin.

Virus

Virus adalah masalah yang cukup menyusuhkan apabila laptop kalian lemot karena virus kalian bisa mencoba menginstall aplikasi virus seperti, AVG, symantec antivirus dan masih banyak lagi.

virus ini bisa datang darimana saja seperti, dari file yang kita download, mencolok flashdisk yang terjangkit virus dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu antivirus ini merupakan salah satu hal terpenting, kalian bisa menscan dan menghapus virus dengan antivirus tersebut.


Penggunaan Software Terlalu Banyak

Kegiatan yang terlalu banyak tentu juga mengharuskan kita membuat banyak program sekaligus, selain itu juga ada program startup yang berjalan, nah hal – hal ini juga bisa menyebabkan laptop kita menjadi lag.

kalian bisa memonitor penggunaan ram dan cpu kalian dengan fitur task manager (ctrl+shift+esc), apabila penggunaan ram kalian sudah hampir penuh karna banyaknya program terbuka, mbo ya jangan buka program lain lagi, tutup dulu programnya baru buka program lain.

Penggunaan software yang banyak ini juga menyebabkan laptop itu cepat panas, karna dituntun kerja keras dengan spesifikasi yang tidak sesuai.

oleh karena itu kita juga harus sadar kemampuan dari laptop kita, jangan terlalu memaksakan.

nah kalian juga bisa menghapus program yang tidak terpakai karena umumnya secara default aplikasi yang terinstall itu berada di c, kalian bisa uninstall atau memindahkan nya ke drive yang lain.

caranya uninstall software ini sangat mudah, klik start > setting > apps > uninstall aplikasi

uninstall aplikasiSelain itu kita juga menonaktifkan program startup, program ini berjalan otomatis saat laptop kalian di hidupkan, kalian bisa menonaktifkannya atau disable program startup yang bisa kalian baca pada artikel sebelumnya, yakni Cara Mempercepat Booting Windows.


HDD Penuh

Beberapa kali sudah disinggung bahwa berperan juga hard disk ini dalam kinerja dan performa laptop jadi semakin sedikit penyimpan yang tersedia di hard disk akan menyebabkan laptop itu semua lemot dalam membaca data.

Oleh karena kalian bisa atasi dengan menambah kapasitas hard disk dan juga membeli SSD untuk laptop kalian untuk tempat install OS.

Kalian juga bisa cek kesehatan hard disk pada artikel ini : Cara Cek Kesehatan Harddisk Di Windows Dengan Mudah


Hardware tidak diupgrade

Dengan kita mengupgrade hardware laptop kita tentu akan membuat kinerja dan performa laptop itu semakin baik lagi.

Seperti yang disinggung diatas, menambah RAM, HDD, SDD, VGA dan lain sebagainya, dan dengan di upgrade software ini tentu akan memanjakan laptop dan diri kalian sendiri.

performa laptop yang bagus tentu menjadi idaman para pengguna laptop, jadi penting untuk kita mengupgrade laptop itu agar mampu mengikuti program baru yang cenderung membutuhkan spesifikasi yang lebih.


Akhir Kata

Penting untuk kita terus merawat laptop itu agar kinerja tidak menurun cara – cara diatas merupakan hal -hal umum yang bisa kalian lakukan.

agar meringankan laptop yang paling penting adalah hardware yang bagus dan sesuai dengan program yang ingin kalian buka.

Demikianlah pembahasan tentang, cara mengatasi laptop ngelag, kami berharap apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Baca Juga  Cara Mengetahui Tipe Drive HDD atau SSD Di PC atau Laptop
Baca Juga  Cara Mempercepat Booting Windows
Baca Juga  11 Cara Mengatasi WiFi Putus Nyambung Agar Normal dan Stabil
error: Content is protected !!