Ukuran Instagram (Post, Feed dan Story) Yang Ideal dan Terbaik

5/5 - (1 vote)

Jagoweb.id – Instagram merupakan aplikasi jejaring sosial, skala posting ig itu sangat tinggi perhari membuat ig menjadi salah satu aplikasi populer yang banyak digunakan kalangan muda. Dengan membuat ukuran instagram yang ideal mampu membuat followers kalian nyaman menonton konten yang kalian berikan.

Bahkan instagram sudah menjadi salah bisnis buat beberapa kalangan karena memang pengguna instagram ini sangat banyak, dan salah satu yang membuat orang lain menyukai postingan, feed ataupun story yang dibuat itu karena ukuran yang sesuai.

ukuran-instagram

Oleh karena itu pada artikel kali ini akan dibahas tentang ukuran posting, Feed dan Story Instagram agar gambar atau video yang dibuat itu pas dilihat.

Dan terlebih lagi postingan itu harus di edit terlebih dahulu dengan menggunakan aplikasi hp seperti kinemaster atau aplikasi yang ada di pc, tentu resolusi dari gambar pun perlu disesuaikan kembali agar sesuai dengan yang diharapkan.


Ukuran Instagram (IG)

Bicara soal ukuran posting, feed dan story instagram memang perlu di sesuaikan kembali agar hasil postingan yang dipublish itu jadi lebih nyaman untuk dilihat.

Terlebih lagi jika kalian adalah konten kreator, dengan mengatur ukuran ig maka mampu membuat para followers ig nyaman berlama – lama melihat postingan kalian.

Ukuran ig itu bervariasi ada yang landscape adan juga yang potrait namun itu tergantung dari jenis postingan yang kalian buat, misalnya seperti film, tentu kalau film ukuran nya itu lebih nyaman dilihat jika landscape.

Dengan beragam variasi dari ukuran posting ig ini maka kita bisa sesuaikan sendiri mau dengan resolusi dan jenis layar seperti apa yang ingin dibuat.

Intinya dengan membuat ukuran gambar dan video instagram yang tepat membuat konten jadi lebih berkualitas, karena foto atau video yang ukurannya kecil bisa pecah atau pixelated.

Dan yang pasti kalau dengan ukuran konten ig yang sesuai bisa meningkatkan angagament dan memastikan bahwa follower atau penonton konten kalian bisa melihat secara keseluruhan tanpa ada yang terpotong. Jadi Dibawah ini adalah ukurang posting, feed dan story instagram yang paling sesuai :

Aspek Ratio adalah lebar foto berdasarkan tinggi.
Aspke ratio ini beragam seperti 4:5, 1:1 dan seterusnya.
Jadi Angka Depan itu adalah lebar, dan angka dibelakangnya adalah tinggi dari foto/gambar.


Ukuran Post Instagram

instagram-ratio

Ukuran posting ig haruslah ideal agar nyaman di lihat dan juga membuat konten yang kalian publish lebih berkualitas, dibawah ini merupakan ukuran ideal posting instagram :

1. Ukuran Foto Instagram

Di dalam ukuran foto yang yang tersedia di aplikasi instagram mempunyai rasio aspek 1 : 1. Dan apabila rasionya lebih dari itu foto maka akan membuat foto jadi terpotong secara otomatis.

Dan ketentuan rasio aspek ukurannya adalah 1080px x 1080px. Sebenarnya instagram sendiri membagi menjadi 3 jenis foto yang bisa kalian gunakan, sebagai berikut :

Ukuran post instagram terbaik untuk posting adalah:

  • 1080px x 1080px (Persegi)
  • 1080px x 1350px (Potret).
  • 1080px x 608px (Lanskap).

2. Ukuran Video Instagram

Terdapat beberapa syarat yang juga perlu untuk kalian tahu bahwa untuk mengupload video instagram harus memiliki spesifikasi 30 frame /detik dengan durasi 60 detik.

Resolusi Video ideal untuk instagram:

  • Potret :1080 x 1080 piksel dan rasio aspek 1 : 1.
  • Portrait : 1080 x 1350 piksel dan rasio aspek 4 : 5.
  • Landscape : 1080 x 608 piksel dan rasio aspek 16 : 9.

Ukuran Feed Instagram Yang Ideal

Resolusi adalah hal yang penting di dalam hal visual dengan resolusi yang tinggi maka kualitas gambar pun akan semakin bagus, dengan gambar yang bagus ini kalian bisa sesuaikan ukuran itu dengan leluasa karena tidak khawatir gambar akan pecah.

1. Square post

Square post merupakan ukuran konten yang sering kita lihat di feed Instagram, dengan bentuk persegi.

Walaupun kalian bisa upload secara horizontal atau vertikal konten dengan ratio 1 : 1 masih terlihat bagus. Untuk konten dengan ukuran 1:1, resolusi yang disarankan adalah 1080 x 1080 px.


2. Horizontal post

Dan untuk konten Instagram yang orientasinya adalah horizontal maka disarankan untuk memakai aspect ratio 16:9.


3. Vertical post

Sedangkan untuk feed ig dengan orientasi vertikal ukuran aspect ratio-nya adalah 4:5, dan resolusi paling rekomended untuk ukuran ini adalah 1080 x 1350 px.

Jadi apabila kalian menggunakan resolusi dengan ratio yang tidak sesuai tentu hasil yang dipublish tidak terlihat optimal, seperti misalkan kalian orietasinya vertikal tapi menggunakan ration 4:6 atau 4:7 tentu ig akan otomatis memotong bagian yang lebih.

Jadi penting untuk kalian memperhatikan orientasi layar dan ratio saat memposting video atau gambar di instagram.


Ukuran IG Story dan IG TV Terbaik

Tidak jauh berbeda dengan ukuran posting seperti feed diatas, ukuran story ig dan ig tv ini juga harus di sesuaikan dengan cermat :

1. Ukuran Story Instagram

Untuk ukuran story Instagram yang ideal adalah 1080px x 1920px dengan aspek rasio 9:16.

Instagram story ini merupakan salah satu fitur hebat yang diberikan oleh aplikasi instagram dengan cara berhubungan dengan pengikut kalian seperti hanya memposting teks dan mengunggah foto dan video.

Konten yang perlu ditampilkan di dalam ig story adalah dengan potrait, walaupun kalian masih tetap bisa untuk posting foto atau video dengan orientasi layar dan ratio yang berbeda tentu tidak menghasilkan kualitas gambar yang enak untuk dilihat.


2. Ukuran IGTV

Ukuran Foto Sampul IGTV yang ideal untuk IG TV adalah 420px x 654px. Didalam penggunaannya igtv ini direkomendasikan menggunakan orientasi horizontal dengan rasio aspek 9:16. Walaupun sejak mei 2019 Instagram mengizinkan video Landscape di IGTV.

  • Video IGTV mempunyai rasio aspek dengan orientasi layar vertikal 4:5 serta untuk horizontal 16:9.
  • Foto sampul IGTV mempunyai rasio 1 :1.55.
  • Durasi IGTV minimal 1 menit serta untuk maksimal durasi 60 menit.
  • Format file IGTV adalah MP4.

Akhir Kata

Dengan ukuran yang ideal posting, feed dan story instagram akan lebih nyaman untuk dilihat dan juga menambah angagament.

Apalagi kalau kalian adalah konten kreator ig dengan membuat orientasi layar dan ukuran yang pas tentu akan membuat followers dan penonton konten kalian akan nyaman berlama – lama menikmati konten yang kalian suguhkan.

Itu saja pembahasan kali ini tentang Ukuran Instagram (Post, Feed dan Story) Yang Ideal dan Terbaik, terima kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir.

Baca Juga  Download Iqiyi Mod Apk (VIP / Premium) Terbaru Untuk Android
Baca Juga  Download VCSO Mod Apk Versi Terbaru Untuk Android
Baca Juga  Download Kinemaster Mod Apk Versi Terbaru Untuk Android
error: Content is protected !!