Cara Mengganti Background Google Meet

Diposting pada

Jagoweb.id – Kebutuhan akan meeting online membuat kita kadang bingung karna latar belakang atau background kita membuat kita tidak pede, hal ini juga yang membuat orang kebingungan tentang cara mengganti background Google Meet yang merupakan salah satu tools meeting online selain aplikasi Zoom. Sebelumnya juga sudah di bahas tentang : Cara Ganti Background Zoom

Dengan mengganti Background ini juga bisa menambah nilai dari segi estetika dan juga bisa di ganti dengan background logo sekolah, perusahaan dan lain sebagainya yang membuat kita menjadi lebih pede.

Nah sama seperti Zoom banyak juga pengguna google meet yang tidak tahu cara mengganti background google meet, oleh karena itu pada kesempatan ini akan di bahas cara mengganti latar belakang video google meets.

Tapi sebelum itu kita harus tau dulu nih apa sih yang membuat google meet ini tidak bisa ganti background ? hal ini perlu kita ketahui agar tau cara mengatasi google meet yang tidak bisa ganti background.


Cara ganti background google meet di hp dan laptop

Kenapa Google Meet Tidak Bisa Ganti Background ?

Berdasarkan penjelasan diatas terdapat beberapa alasan kenapa google meet ini tidak bisa ganti background, Singakatnya seperti ini :

1. Aplikasi HP tidak menggunakan versi terbaru

Jadi kalian harus cek dulu di playstore apakah aplikasi google meet kalian sudah di versi terakhir atau belum, kalau belum kalian bisa coba update dulu, namun ada kalanya harus dipancing dulu dengan menggunakan browser google chrome di hp kalian agar menu background ini muncul di aplikasi yang terinstall di hp kalian.

Caranya juga cukup mudah kalian hanya perlu mengakses google meet di browser chrome yang ada di hp kalian dan masuk ke dalam mode desktop, setelah kalian masuk ke lobby meeting dan nanti akan ada fitur background disana.


2. Masih menggunakan Chrome 32 bit

Apabila kalian memakai chrome tapi malah muncul notifikasi “Your Browser is 32-bit. Cant Support For Background Effect” maka aplikasi chrome kalian tidak bisa menggunakan google meet,

Poinnya berarti kalian harus menggunakan versi 64 bit agar google meet berjalan normal dan bisa mengganti background serta menambahkan Efek.


3. Belum mengaktifkan Hardware Acceleration

Ini yang sering orang lupa, kadang kita asal install asal klik yes tanpa membaca terlebih dahulu notifikasi yang muncul saat pertama kalian masuk ke google meet, untuk menggecek apakah akselari itu sudah aktif di hp kita adalah dengan cara, klik menu > Setelah > Aksesbilitas > Pada bagian sistem aktifkan “Gunakan Akselerasi Hardware jika tersedia”.


4. Browser tidak mendukung WebGL 2.0

support webgl 2.0

Kalian bisa cek pada browser kalian apakah hp browser kalian sudah aktif WebGL 2.0 apa belum, karna google meet berjalan normal apabila browser kalian sudah WebGL 2.0. Kalian bisa cek dengan cara berikut ini:

  1. Pergi ke webglreport.com,
  2. pilih tab WebGL 2,
  3. pastikan pada bagian Major Performance Caveat tertulis No,
  4. jika disana tidak tertulis kata “No” maka browser kalian memang belum support.

Cara Mengganti Background Google Meet

Setelah kita mengetahui penyebab dari background google meet tidak bisa diganti maka kita melakukan beberapa cara sesuai dengan kebutuhan kalian, apakah kalian biasa menggunakan PC atau Laptop ini meeting virtual atau menggunakan HP, jadi dibawah ini merupakan langkah mengganti background google meet di HP dan Laptop, caranya sebagai berikut:


Cara Mengganti Background Google Meet di HP

  1. Buka aplikasi google meet yang sudah terinstall di hp.
  2. Setelah itu silahkan kalian Ikuti meeting seperti biasa.
  3. Kemudian Tap icon efek di pojok kanan bawah tampilan kamera kita, Nanti akan muncul deretan dari banyak menu efek yang bisa kalian pakai dan pilih.
  4. Silahkan Tap salah satu efek/background yang diinginkan maka nanti background kalian akan berganti dengan background yang kalian pilih.
  5. Tanda Silang Untuk Menutup, setelah itu mulai mengaplikasikannya.

Cara Ganti Background Google Meet di Laptop

  1. Silahkan klik browser yang kalian suka di pc atau laptop kalian
  2. Setelah itu silahkan pergi ke situs resmi google meet di https://meet.google.com
  3. Silahkan Login untuk memulai meeting
  4. masuk lobby meeting seperti biasa.
  5. Kemudian silahkan kalian Klik tanda titik tiga yang ada di deretan menu bawah.
  6. Setelah itu kalian Ubah latar belakang, maka nanti akan muncul beberapa macam efek/background yang bisa kalian pilih dan pergunakan.
  7. Selain itu kalian juga bisa mengganti background yang ada di pc atau laptop kalian dengan cara klik tanda plus lalu pilih background yang ada di laptop atau pc kalian.
  8. Selesai

Ukuran Background Google Meet

Jadi berdasarkan support.google.com kalian mengunakan background costum dengan rincian sebagai berikut :

  1. Maksimal ada 10 gambar jpg atau jpeg (Warna sRGB)
  2. Orientasi gambarnya landscape atau horizontal
  3. Dengan Resolusi 1920×1080 pixel
  4. Serta Ukuran Besar Gambar maximal 16 Mb
  5. Tidak ada watermark, selengkapnya baca pada tautan diatas.

Akhir Kata

Jadi itulah beberapa alasan kenapa google meet tidak bisa ganti background, setelah kita tahu apa saja sih yang menyebabkan hal itu terjadi, kita jadi tahu apa yang harus dilakukan untuk mengatasi hal tersebut.

Demikianlah ulasan tentang Cara ganti background google meet di Hp dan Laptop, terima kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir.

Baca Juga :  Cara Menambah Pronouns Instagram Mudah dan Praktis
Baca Juga :  Cara Ganti Background Zoom
Baca Juga :  Cara Menambahkan Lagu Di Instastory Dengan Mudah