7 Cara Agar Hp Tidak Ngelag, Lemot, Hang! Mudah Dan Praktis

Cara Agar Hp Tidak Ngelag bisa diatasi dengan beberapa langkah praktis, hp akan berkurang performanya karena beberapa alasan dasar seperti penyimpanan full, hp panas, banyak aplikasi yang berjalan, dan lain sebagainya.

Cara Agar Hp Tidak Ngelag

 

Dan untuk cara agar hp tidak ngelag tentunya masalah – masalah dasar diatas perlu diselesaikan terlebih dahulu agar kinerja hp jadi maksimal.

Untuk tingkat lebih lanjut Supaya hp tidak ngelag perlu juga diperhatikan sistem dari os hp kalian, apakah sudah pada versi terbaru, apakah terkena virus dan lain sebagainya.

Tentunya untuk masalah seperti ini perlu diperhatikan lebih serius agar hp kalian tetap dalam kondisi yang baik, untuk itu pada artikel kali ini akan dibahas tentang cara agar hp tidak ngelag disemua tipe hp samsung, vivo, xiaomi, oppo dan lain sebagainya.


Cara Agar Hp Tidak Ngelag Di semua Tipe HP

Cara-Supaya-Hp-Tidak-Ngelag

Tentunya ada banyak aktivitas yang kita lakukan di hp ini mengingat peranan hp sekarang ini sangat penting seperti berkomunikasi, mengirim file kerjaan, dan juga bermain game, dan hp yang ngelag tentu akan membuat jengkel juga oleh karena itu kalian bisa ikuti langkah – langkah dibawah ini supaya hp tidak ngelag :

1. Update Sistem Operasi HP Ke Yang Terbaru

Hal yang perlu diperhatikan pertama kali agar hp tidak ngelag adalah update OS hp kamu, karena dengan mengupgrade os hp ke yang terbaru akan memaksimalkan kinerja dari hp kamu sebab ada pembaruan disetiap update sistem operasi yang kamu lakukan, tentunya hal ini akan berdampak pada kinerja hp kamu, untuk mengecek pembaruan sistem operasi hp juga sangat mudah, seperti berikut :

  1. Ke menu Pengaturan (setting) di HP kalian
  2. Cari Tentang Ponsel (about device)
  3. Dan tap pada pembaruan sistem (update software)
  4. Terakhir Periksa dan Update (Check And Update)

Untuk tipe hp tentunya akan berbeda penempatan update sistemnya, ada yang saat buka setting > pembaruan sistem, ada juga seperti cara diatas, jadi pada intinya kamu perlu mencari menu pembaruan sistem.


2. Nonaktifkan widget di Hp

Cara agar hp tidak ngelag selanjutnya adalah untuk memaksimalkan kinerja dari hp kamu, sebab pemakaian widget yang berlebihan tentunya membuat kekuatan dari hp kamu dialihkan ke widget yang aktif, dengan kamu menonaktifkan widget tentunya kekuatan hp kamu akan lebih terfokus.

Widget merupakan pintasan yang ada tampil di home screen hp kamu, umumnya pemakaian widget ini juga untuk membuat hp jadi lebih menarik, namun penggunaan widget ini juga akan menguras penggunaan baterai hp dan menurunkan performa hp kamu.


3. Menghapus Cache

cara agar hp tidak ngelag ketiga adalah dengan menghapus cache, Cache adalah data sementara yang tersimpan di hp kamu, data cache ini merupakan data sementara dari aplikasi, dengan kamu menghapus cache di hp kamu tentunya kapasitas dari penyimpanan hp kamu juga akan bertambah, menghapus cache ini juga menjadi salah satu solusi yang bisa kamu lakukan disaat terjadi error pada aplikasi yang terinstall di hp kamu. untuk cara menghapus file cache ini juga sangat mudah, sebagai berikut :

  1. Pengaturan
  2. Pengaturan tambahan atau lainnya (kalau ada)
  3. Cari kelola aplikasi
  4. Buka aplikasi yang kamu ingin hapus cachenya
  5. Pilih penyimpanan, maka akan ada dua pilihan yaitu hapus data dan cache
  6. Langkah terakhir pilih hapus cache

4. Bersihkan Ruang Penyimpan Internal

cara agar hp tidak ngelag selanjutnya adalah bersihkan penyimpanan hp, Penyimpanan Internal hp adalah salah satu komponen yang penting dan perlu diperhatikan, sebab jika penyimpanan internal ini penuh maka sistem hp juga tidak akan bekerja maksimal, contohnya jika penyimpan hp penuh kamu tidak akan bisa berfoto atau menyimpan video, di beberapa jenis hp juga untuk membuka video juga tidak akan bekerja jika penyimpanan hp penuh.

Oleh karena itu penting untuk kita bisa mengelola penyimpan internal ini dengan sangat baik, misalnya seperti menambah penyimpan eksternal, jadi semua file seperti dokumen, photo, video dan lain sebagainya dialokasikan ke penyimpanan eksternal. Baca Juga : Cara Agar Penyimpanan Tidak Penuh


5. Close Aplikasi Yang Tidak Digunakan

cara agar hp tidak ngelag adalah saat bermain game perlu kamu perhatikan kalau tidak ada aplikasi yang berkerja hal ini tentu akan berpengaruh pada hp sebab penggunaan memori ram juga akan terbagi, oleh karena itu perlu aplikasi yang tidak digunakan saat bermain game perlu untuk diclose agar performa hp lebih terfokus pada aplikasi yang sedang kamu gunakan. Baca Juga : Cara Membersihkan RAM Android dan iPhone Dengan Mudah.


6. Hapus Aplikasi Yang Tidak Penting

cara agar hp tidak ngelag keenam adalah hapus aplikasi tidak terpakai, umumnya ketertarikan kita pada suatu aplikasi membuat kita asal – asal saja menginstall aplikasi, dan akibatnya aplikasi yang terinstall pun semakin banyak, tentunya aplikasi – aplikasi tersebut memiliki cara kerjanya yang berbeda ada yang terus berjalan di belakang sistem contohnya antivirus dan ada juga aplikasi yang bekerja saat dibuka saja.

Hal ini perlu kamu perhatikan juga, ada baiknya jika aplikasi yang tidak penting dan tidak kamu gunakan di uninstall saja, baca lebih lanjut : Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Yang Tidak Bisa Di Uninstall.


7. Cara Supaya Hp Tidak Ngelag Dengan Factory Reset

Hal terakhir cara agar hp tidak ngelag yang bisa kamu lakukan adalah factory reset, sebab dengan factory reset yang kamu lakukan di hp kamu maka semua pengaturan, aplikasi terinstall, data tersimpan, dan hal lain sebagainya akan terhapus dan hilang.

Dan factory reset ini bisa menjadi salah satu solusi jika cara – cara diatas tetap tidak berkerja dan di hp kamu yang lag. Cara factory Reset juga cukup mudah sebagai berikut :

  1. Masuk ke Pengaturan Hp Android kalian
  2. Setelah itu pilih dan tap Pengaturan Lainnya (jika ada)
  3. Lalu pilih Tentang Ponsel
  4. Lalu Pilih Cadangkan dan Reset
  5. Selanjutnya silahkan kalian pilih Hapus Semua Data.
  6. Selanjutnya kalian klik ok sampai hp kalian kembali menyala lagi, dan pastikan baterai kalian tidak dalam posisi low.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan supaya hp tidak ngelag, terima kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir.

Baca Juga :  Cara Mengatasi HP Panas Batre Tanam
Baca Juga :  Mudah Dan Praktis, Menghapus Tulisan Di Video Lewat HP
Baca Juga :  7 Aplikasi Chatting Terbaik
/* */