Cara Mengatasi Proses Android.Process.Media Telah Berhenti

Mengatasi Proses Android.Process.Media Di Android

Android adalah salah satu sistem operasi yang banyak digunakan, android ini berbasis linux yang mana dirancang untuk perangkat bergerak touch screen, seperti hal smartphone dan juga komputer tablet.

Android sendiri memiliki banyak pengguna khususnya di indonesia, karena

salah satu keunggulan dari smartphone android ini ialah mampu untuk mengola data dengan cepat, serta memiliki interface yang cenderung simpel namun tetap mewah yang membuat penggunanya nyaman dalam mengoperasikan smartphone mereka.

Penggunaan smartphone khususnya dengan android ini sangat penting di zaman sekarang ini karena hampir segala sesuatu nya itu berhubungan dengan smartphone, seperti menjalin komunikasi pekerjaan, sekolah, bermain game, denger musik bahkan sampai editing juga bisa dilakukan di smartphone android.

Namun tetap saja untuk beberapa pengguna android itu merasakan beberapa kendala seperti, kamera, kontak, penyimpanan galeri dan lain sebagainya, kendala atau masalah yang umumnya muncul adalah seperti muncul pesan error “Unfortunately Apps Has Stopped” atau ” Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” ada juga pesan error seperti “Sayangnya, Proses android.process.media telah berhenti“, bila dalam bahasa inggris “Unfortunately android.process.media has stopped“, dan masih banyak lagi.

Tentu apabila dalam keadaan tertentu membuat kita jadi terganggu dalam menyelesaikan aktivitas kita, oleh karena itu pada kesempatan ini akan dibahas bagaimana cara mengatasi hal tersebut.

Cara Mengatasi Proses Android.Process.Media Telah Berhenti


Cara Mengatasi Proses Media Terhenti

Dari berbagai informasi yang ada di internet adanya pesan error android tersebut karena adanya kesalahan dalam penyimpanan file tertentu, atau karena ada kesalahan dalam memindahkan file, dan juga saat karena ada corrupt saat mendownload suatu file yang membuat proses media terhenti di android, untuk mengatasi hal tersebut bisa ikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Stop Sinkronisasi Dengan Akun Google

Cara yang bisa kalian lakukan adalah menghentikan sinkronisasi akun dengan android kalian, hal ini dilakukan agar android bisa leluasa dan tidak secara penuh terkoneksi dengan akun google, cara memutuskan sinkronisasi google dan android cukup mudah, yakni : Pengaturan > Akun > Google > Klik ” Reve All the Thicks”.


2. Delete Data Dari Aplikasi Google

Aplikasi Google yang di maksud diantaranya, Google Services Framework, Play Store, Media Penyimpanan dan juga Download, hal ini dilakukan agar seluruh aplikasi google itu kembali ke default serta bersih dari file sampah, caranya cukup mudah, silahkan kalian ke :

Pengaturan > Penganturan Lainnya (Kalau Ada) > Pengelola Aplikasi > Cari Aplikasi diatas > Tap Aplikasi Tersebut > Hapus Data (Google Services & Playstore) & Disable (Media Penyimpan dan Download Manager).


3. Restart Hp Android Kalian

Setelah kalian melakukan tahapan ke 2, silahkan kalian matikan beberapa waktu hp kalian, setelah itu hidupkan kembali hp kalian lalu “Enable” Aplikasi yang tadi di “Disable”, caranya sama seperti langkah ke 2

  • Enable Google Sync.
  • Enable Media Storage.
  • Enable Download Manager.

4.Factory Reset

Kalau cara diatas belum berhasil, maka kalian bisa coba factory reset hp android / kembali ke pengaturan pabrik, sebelum kalian melakukan hal ini ada baiknya kalian membackup terlebih dahulu data kalian.
Cara Factory Reset cukup mudah yakni.

  • Pengaturan > Pengaturan lainnya > Buat Cadangan & Setel Ulang > kembalikan ke pengaturan pabrik > Reset Ulang Telepon.
  • Tunggu Prosesnya selesai.

5.Hard Reset Hp Android Kalian

Apabila cara diatas juga belum mampu menyelesaikan masalah yang terjadi di hp android kalian, kalian bisa lanjutkan dengan Hard Reset Android kalian, caranya :

  • Tekan Tombol Power + Volume Atas + Home (Sesuaikan Dengan Merk Hp Kalian)
  • Setelah pilih Wipe Data > Yes
  • Setelah Setelah Wipe Cache > Yes
  • Reboot System Now
  • Selesai.

Akhir Kata

Apabila cara yang dipaparkan belum mampu menyelesaikan masalah media.berhenti di android maka kalian perlu untuk ke Service Center, tentu dengan datang ke service center akan mampu menyelesaikan masalah di android kalian.

Apabila kesulitan mencari service center kalian bisa ke jasa service hp dan konsultasi kesana. Demikianlah pembahasan tentang cara mengatasi , terima kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir.

Baca Juga :  7 Game Horror Android Multiplayer Wajib Dicoba
Baca Juga :  Cara Mengatasi Masalah Server 400 Error YouTube Android
Baca Juga :  Cara Menjadikan HP Android Sebagai Monitor PC Tambahan
/* */